5 Rekomendasi Material/ Bahan Pintu Garasi Sliding terbaik

Apapun pilihan model pintu garasi sliding Anda, pastikan bahannya tepat. Buatlah garasi yang indah dari segi estetika dan kokoh dari segi keamanan.

Ada banyak sekali bahan yang bisa Anda pilih. Mulai dari kayu yang secara tampilan memang lebih tradisional, hingga besi atau baja yang lebih mengedepankan sisi keamanan.

Semuanya memiliki kelebihan masing-masing, Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan konsep utama rumah.

1.      Pintu garasi kayu asli dan kayu komposit

Kayu merupakan material otentik yang sejak dulu sampai sekarang terus terpilih untuk dijadikan sebagai pintu garasi. Dengan material ini, tampilan rumah akan terlihat lebih indah.

Kayu merupakan bahan yang kokoh sehingga aman untuk digunakan. Namun, bila Anda memilih bahan ini, silakan perhatikan perawatannya dengan baik.

Salah satu perawatan yang perlu Anda lakukan secara berkala adalah pemolesan atau pengecatan.

Bila tidak terpowder coating secara berkala, warnanya bisa jadi pudar sehingga terlihat lusuh dan tidak terawat.

Harga material ini juga beragam, dari yang medium hingga mahal. Kalau mau kayu asli, misalnya jati, harganya tentu agak mahal. Tapi kalau pilihannya ke kayu sintetis, harganya cenderung lebih murah.

Jadi, silakan sesuaikan sendiri dengan budget yang Anda miliki.

2.      Pintu garasi sliding berbahan besi atau baja

Dewasa ini, besi atau baja menjadi pilihan banyak orang untuk membuat pintu buat garasi. Dalam satu pintu, umumnya terdiri dari dua lapis plat yang terhubung.

Pintu Garasi Sliding type standar

Besi Hadir sangat kokoh, kuat, dan tidak mudah dipatahkan. Oleh karena itu, nilai keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Soal perawatan, besi atau baja juga tidak memerlukan perawatan yang ribet. Bahkan, bila dibandingkan dengan kayu, perawatan besi tergolong sangat sederhana dan mudah.

Carilah besi tahan karat dan tidak gampang penyok dengan harga yang sesuai dengan budget. Kalau mau lebih aman dari karat, carilah yang ada pelapis fiberglass-nya.

3.      Fiberglass

Salah satu keunggulan dari fiberglass adalah kemudahannya dalam penempaan. Hal ini membuat bahan fiberglass mudah terbentuk sesuai kebutuhan dan dapat meniru model dari bahan-bahan lainnya.

Selain itu, fiberglass juga bahan yang tahan terhadap karat dengan perawatan yang sangat mudah.

Dengan fiberglass, Anda juga bisa memastikan bahwa cahaya dapat masuk ke dalam ruangan dan sirkulasinya dapat terjaga.

Harganya pun sangat terjangkau daripada dengan dua bahan sebelumnya.

Namun, perlu memperhatikan bahwa material ini tidak cocok untuk area dingin sebab bisa menguning bahkan pecah secara perlahan.

Tinggalkan Balasan